Select Page

Siapa yang tak kenal dengan wedang uwuh, minuman tradisional asal Yogyakarta yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasa disebut sebagai teman minum saat musim hujan, bahan bahan wedang uwuh lah alasan dari khasiat dari minuman ini.

Pada bahasa jawa, ‘wedang’ memiliki arti minuman dan ‘uwuh’ artinya sampah. Kok sampah? bukan karena terbuat dari sampah. Namun karena tampilan minuman ini yang terbuat dari campuran bahan rempah-rempah sehingga tampilannya seperti sampah.

Walau begitu, tetap saja minuman tradisional ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.  Salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia pada masa pandemi Covid-19 kemarin.

Dimana pandemi tersebut merupakan penyebaran virus yang menyerang imunitas tubuh, sehingga meminum wedang uwuh dari bahan-bahan berkhasiat ini merupakan solusi yang tepat.

Penasaran apa saja bahan-bahan yang digunakan dalam wedang uwuh? dan bagaimana cara membuatnya? Sebelum langsung membahas bahan-bahan dan cara membuat, mari simak terlebih dahulu apa saja khasiat dari wedang uwuh.

Khasiat Wedang Uwuh

Dari penjelasan sebelumnya wedang uwuh berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh, apakah hanya itu saja? Jawabannya tentu tidak. 

Terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah, tentu menjadi bukti bahwa wedang uwuh memiliki berbagai khasiat.  Apa saja khasiatnya? Berikut beberapa khasiat wedang uwuh,

1. Meredakan Batuk dan Pilek

Membantu meredakan batuk dan pilek. Sumber: kompas.com
Membantu meredakan batuk dan pilek. Sumber: kompas.com

Ketika datang cuaca dingin, terserang batuk dan pilek sangat rentan menjangkit tubuh. Sebagai pengganti obat-obatan kimia, Anda bisa mengonsumsi wedang uwuh untuk meredakan gejala batuk dan pilek.

Manfaat ini karena terdapat gula batu yang menjadi bahan dari wedang uwuh. Karena gula batu dipercaya efektif untuk meringankan batuk dan meluruhkan lendir di tenggorokan.

Selain gula batu, wedang uwuh yang juga terbuat dari jahe merah bagus untuk dikonsumsi oleh semua usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

2. Mencegah Peradangan

Wedang uwuh bisa mencegah peradangan karena mengandung khasiat anti inflamasi. 

Maka dengan mengkonsumsinya secara teratur baik untuk meminimalisir terjadinya infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan akibat penyakit berbahaya dalam tubuh.

Khasiat ini datang dari rempah kayu manis dan kapulaga. Kedua bahan tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat.

Dengan demikian bahan bahan di wedang uwuh tersebut mampu melindungi sel dari kerusakan akibat mengonsumsi makanan yang tinggi zat karbohidrat dan lemak.

3. Sebagai Antimikroba

Apa maksud dari antimikroba disini, artinya adalah bahan di wedang uwuh dapat membantu dalam melawan bakteri penyebab beberapa penyakit di tubuh. Seperti infeksi mulut dan gigi berlubang.

Kayu secang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Sumber: res.cloudinary.com
Kayu secang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Sumber: res.cloudinary.com

Salah satunya adalah sari rempah kayu secang yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit, infeksi sendi, hingga keracunan makanan.

4. Menyehatkan jantung

Rempah kayu secang selain menghambat pertumbuhan bakteri, pigmen yang ia miliki mempunyai efek yang bagus untuk menyehatkan jantung. 

Selain secang, kayu manis juga telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara teratur. 

Karena kayu manis dapat menekan tingkat kolesterol jahat dan trigliserida yang menjadi penyebab utama gangguan pada jantung.

5. Pelindung dari Radikal Bebas

Untuk melindungi tubuh dari radikal bebas diperlukan sebuah antioksidan. Nah, dalam wedang uwuh ini terdapat beberapa bahan yang kaya akan antioksidan. 

Contohnya serai dan cengkeh. Dengan demikian, mengonsumsi wedang uwuh secara teratur dapat menurunkan risiko tubuh terkena berbagai macam penyakit kronis.

Resep Wedang Uwuh

Resep wedang uwuh. Sumber: pikiran-rakyat.com
Resep wedang uwuh. Sumber: pikiran-rakyat.com

Dari khasiat diatas mungkin ada beberapa bahan yang sudah Anda ketahui. Tapi lebih lengkap jika saat ini kita membahas mengenai resep wedang uwuh. Agar Anda bisa  membuat minuman penuh  khasiat ini di rumah.

Bahan-bahan wedang uwuh yang perlu Anda siapkan, diantaranya:

  1. Jahe
  2. Kencur
  3. Cengkeh
  4. Kayu manis
  5. Batang serai
  6. Daun pala
  7. Daun pandan
  8. Air
  9. Gula batu
  10. Kayu secang kering
  11. Kapulaga

Setelah ke sebelas bahan-bahan tersebut disiapkan, berikut cara membuat wedang uwuh yang sederhana dan mudah Anda tiru di rumah,

  1. Geprek batang serai dan jahe supaya aroma kedua bahan itu lebih keluar saat proses perebusan
  2. Iris kencur lalu geprek buah kapulaga supaya sari kedua bahan tersebut bisa lebih larut ketika direbus
  3. Rebus semua bahan bahan wedang uwuh dengan air hingga air rebusan berubah warna menjadi kemerahan. Dimana perubahan itu menandakan bahwa pigmen merah dari kayu secang sudah keluar
  4. Saat sudah berubah warna, mendidih dan mengeluarkan aroma khas, maka wedang uwuh Anda siap disajikan.
  5. Wedang uwuh Anda sudah siap dinikmati. Akan lebih baik jika Anda nikmati saat masih hangat.

Cara membuat wedang uwuh di atas menjadi penutup artikel kami kali ini. Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa wedang uwuh walau sebutannya sebagai minuman sampah tetapi memiliki banyak manfaat di dalamnya. 

Apalagi jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah pandangan bahwa memproduksi atau menjual wedang uwuh merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih bagi masyarakat yang ingin hidup sehat dan pecinta minuman herbal. 

Apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis wedang uwuh namun belum tau dimana mencari bahan atau bagaimana cara pengemasan yang baik. Anda tak perlu khawatir karena CV intilaras menyediakan jasa maklon atau produksi wedang uwuh dalam kemasan instan atau kemasan celup.

Jika tertarik Anda bisa mengunjungi website kami untuk tau informasi lebih lanjut mengenai jasa tersebut. Terimakasih sudah menyimak hingga akhir.

Maklon ramuan herbal, ramuan imun booster dari PT Intilaras herbal sejahtera
sumber : doc PT Intilaras herbal sejahtera
Ada yang bisa kami bantu ?