Select Page

Sistem kerja tubuh merupakan satu kesatuan yang saling bertalian. Satu sama lainnya bisa saling mempengaruhi, entah pengaruh baik maupun pengaruh tidak baik. Itulah yang kemudian membuat kesehatan tidak cukup hanya dengan upaya-upaya hidup sehat yang sifatnya parsial. Namun butuh kepada upaya-upaya hidup sehat yang komprehensif dan integral dengan membangun pola hidup sehat secara berkesinambunngan. Dan dalam hal ini adalah juga untuk mewujudkan imun booster alami.

Sebagaimana disinggung sebelumnya, bahwa satu sama lain komponen yang ada pada tubuh kita adalah saling berkaitan, tidak terkecuali sistem imun. Imun inilah yang sangat berperan dalam memberikan perlindungan, pertahanan sampai dengan perlawanan terhadap berbagai kemungkinan penyakit, virus maupun berbagai macam organisme atau kuman-kuman jahat.

Pola hidup sehat adalah kunci imun booster alami. Dan ini bisa kita mulai dengan beberapa pola pendukung, antara lain pola asupan baik makanan maupun minuman, pola istirahat sampai dengan pola olahraga yang cukup. Nah, dipembahasan kali ini kita akan mengulas sejumlah instrumen penting pola hidup sehat agar terbangun dan tejaga imun booster alami dalam tubuh kita. terlebih di masa Pandemi hari ini yang belum kunjung mereda.

Pola Gizi

Pola gizi yang baik bisa kita dapatkan antara lain dengan membangun asupan gizi yang cukup, baik dari sisi asupan gizi dari buah-buahan, asupan gizi dari sayur-sayuran maupun asupan gizi dari selain keduanya.

Imun Booster Dengan Buah-buahan

Vitamin C sangat membantu dalam penguatan kekebalan tubuh dengan kelebihannya dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci dalam sistem pertahanan tubuh. Yang mana vitamin C bisa kita dapatkan di antaranya dengan mengkonsumsi secara rutin berbagai jenis buah jeruk. Apakah itu jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk bali maupun jenis-jenis jeruk lainnya

AIr lemon. Sumber : Unsplash
AIr lemon. Sumber : Unsplash

Untuk alternatif selain jeruk, Anda juga bisa mengandalkan kandungan vitamin C yang ada pada jambu biji, blackcurrant, kiwi, leci, kesemek, pepaya, stroberi, cabai, paprika kuning maupun merah, dan lain sebagainya. Untuk pepaya sendiri di samping mengandung vitamin C, Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi, memiliki jumlah kalium, magnesium, dan folat yang baik, sehingga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Sedangkan Kiwi juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C,

Imun Booster Dengan Sayur-sayuran

Gizi baik yang dapat menunjang imun juga bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sejumlah sayur-sayuran antara lain bayam sawi, sayur kale, brokoli dan lain sebagainya. Yang mana brokoli sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, serat serta sejumlah zat antioksidan lainnya yang berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh.

Selain buah-buahan dan sayur mayur, masih ada alternatif lainnya seperti bawang putih yang memiliki kemampuan dalam memerangi infeksi serta memperlambat pengerasan pembuluh darah, Jahe yang bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, sayur bayam yang kaya akan vitamin C serta mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya berfungsi melawan infeksi lewat penguatan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga bisa dengan rutin mengkonsumsi kacang almon, biji bunga matahari atau kuaci yang mengandung beragam nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6 dan vitamin E, kunyit yang secara empiris memiliki manfaat anti inflamasi untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid, bahkan sampai dengan sup kaldu ayam yang juga berguna untuk untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Imun Booster Dengan Minum-minuman

Imun booster dengan minum-minuman prinsip umumnya ada pada cara peyajian sejumlah buah-buahan ataupun sayur-sayuran sebagaimana yang sudah diulas sebelumnya. Artinya Anda bisa melakukan kreasi sendiri dengan mengkombinasikan berbagai buah dan sayur dalam bentuk juz.

Jus Stroberi.Sumber : Unsplash
Jus Stroberi.Sumber : Unsplash

Kombinasi Jus kale dan tomat misalnya, yang bisa memberikan Anda nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin K. Kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk yang terbilang efektif dalam membantu melawan infeksi serta memberikan nutrisi vitamin C yang Anda butuhkan tercukupi. Atau kombinasi jahe, kunyit, dan cuka apel yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Pola Olahraga

Olahraga berikut manfaatnya untuk Imun booster sudah tidak perlu diragukan lagi. Olahraga secara rutin sangat perlu untuk Anda lakukan agar terus merangsang kinerja sel darah putih dengan baik. Selain itu olahraga juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, menambah stamina, menstabilkan berat badan, memperkuat otot-otot serta berdampak pada kualitas istirahat atau tidur yang baik.

Sedangkan untuk waktu olahraga sendiri pada umumnya sesuai dengan kebutuhan, tujuan dan kemampuan Anda sendiri. Namun, waktu yang banyak disarankan adalah berkisar 20 sampai 30 menit di tiap harinya. Untuk bentuk olahraganya sendiri kembali kepada selera olahraga Anda. Anda bisa mencoba olahraga dengan jalan santai, lari santai, bersepeda, senam dan lain sebagainya.

Pola Istirahat

Hal yang juga penting untuk Anda polakan dengan baik adalah aspek stirahat. Ya, istirahat yang cukup dan berkualitas akan sangat berdampak pada Imun booster Anda. Ketidak stabilan pola istirahat Anda, atau dengan kata lain tidur Anda tidak berkualitas maupun istirahat yang kurang akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi rentan. Sebab dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, tubuh Anda akan lebih banyak memproduksi antibodi yang sangat berperan dalam mencegah berbagai virus ataupun infeksi.

Ilustrasi tidur nyenyak. sumber : unsplash
Ilustrasi tidur nyenyak. sumber : unsplash

Sebagaimana manfaat olahraga, kualitas istirahat yang baik serta cukup sangat mempengaruhi tingkat kestabilan emosional Anda. Atau dengan kata lain gangguan stres bisa lebih terantisipasi dengan kualitas tidur yang baik dan cukup. Ada banyak tips herbal yang juga bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiyat dari teh herbal. Sebab meminum teh herbal menjelang tidur dengan rentan waktu satu sampai dengan dua jam dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur.

Demikianlah ulasan kali ini seputar imun booster alami yang bisa Anda lakukan di rumah secara mandiri. jangan lupa untuk terus konsisten pada pola hidup sehat yang sudah mulai Anda bentuk. Karna kunci segala sesuatu agaknya adalah konsistensi itu sendiri. Anda bisa share ulasan ini dan nantikan ulasan seputar herbal dan kesehatan lainnya. Sekian dan terima kasih.

Ada yang bisa kami bantu ?