Select Page

Apakah Anda merasa kurang puas dengan treatment perawatan kecantikan yang Anda jalani? Ada banyak cara dan alternatif untuk merawat dan menjaga kecantikan, terutama kecantikan wajah dan kulit. Bisa dengan memulai pola hidup sehat, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, juga menambahkan asupan yang bermanfaat bagi kecantikan. Salah satu asupan yang dapat dipilih dan terbukti bermanfaat bagi kecantikan adalah teh herbal kecantikan.

Teh Herbal Kecantikan

Teh herbal kecantikan merupakan salah satu minuman yang telah lama dikonsumsi oleh masyarakat luas, terutama masyarakat Indonesia. Biasanya teh herbal jenis ini diracik secara tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di alam.

Teh herbal kecantikan menjadi salah satu rahasia kecantikan masyarakat yang diresepkan secara turun-temurun dan tentunya berbeda antara satu resep dengan resep yang lainnya. Maka tidak heran jika kini kita mendapati begitu banyak jenis dan khasiat teh herbal kecantikan yang ada. Untuk mengetahui macam-macam jenis dan khasiat teh herbal kecantikan, mari kita simak ulasan di bawah ini bersama-sama.

lustrasi teh herbal kecantikan, Sumber : Unsplash

1. Teh Bunga Melati

Melati adalah bunga yang akrab dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Bunga melati telah lama dimanfaatkan untuk beberapa hal, mulai dari bahan ronce pengantin dalam prosesi pernikahan adat Jawa yang sakral, hingga bahan baku pembuatan teh herbal melati yang berkhasiat untuk kecantikan.

Bentuk dan wanginya yang harum membuat bunga melati sering dipakai oleh jasa taman di Indonesia untuk menghias rumah. Tak ada salahnya memiliki stock teh herbal pribadi sambil mempercantik rumah bukan?

Ilustrasi bunga melati, Sumber : Unsplash

Minyak esensial yang terdapat dalam bunga melati mengandung senyawa benzaldehida, asam benzoat, dan benzil benzoat yang mampu menjaga kulit wajah terlihat tetap bening, dengan cara mengatur produksi sebum pada kulit.

2. Teh Bunga Mawar

Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang paling populer di seluruh dunia. Selain aroma harumnya yang khas bunga mawar juga memiliki berbagai macam jenis dan warna. Oleh sebab itu, bunga mawar dapat digunakan untuk berbagai hal seperti untuk hiasan, bahan baku sabun dan minyak wangi, juga sebagai teh herbal kecantikan.

lustrasi teh bunga mawar, Sumber: Unsplash

Kelopak bunga mawar dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C dan E yang baik untuk kecantikan. Vitamin C yang terdapat pada kelopak bunga mawar adalah antioksidan yang berperan untuk mengatasi persoalan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sedangkan vitamin E adalah senyawa yang mampu melembabkan kulit tanpa menyebabkan produksi minyak dalam pori-pori kulit. Konsumsi vitamin e secara rutin juga dapat menyebabkan kulit kita bertekstur lebih kenyal.

3. Teh Rosella

Rosella adalah bunga yang berasal dari benua Afrika. Kelopaknya yang berwarna merah merona dan bentuknya yang lancip membuatnya mirip dengan bunga mawar. Selain terlihat cantik ternyata bunga rosella juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Kelopak bunga rosella mempunyai kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi teh herbal rosella secara rutin juga mampu membuat kulit wajah terasa lebih segar dan sehat.

4. Teh Bunga Telang

Bunga telang telah dikenal dan dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai salah satu pewarna alami makanan dan minuman. Namun selain itu ternyata bunga dengan warna biru yang khas ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Warna biru yang terdapat pada bunga telang adalah anthosianin yang termasuk dalam flavonoid. Anthosianin sendiri merupakan senyawa antioksidan yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, termasuk untuk kecantikan. Anthosianin pada bunga telang terbukti mampu meredakan peradangan ringan dan menyamarkan garis halus pada kulit.

5. Teh Bunga Sepatu

Bunga sepatu adalah tanaman yang sering digunakan untuk menghias halaman dan sebagai tanaman pagar, dibalik keunikan dan keindahannya bunga sepatu memiliki banyak manfaat, sehingga kini kerap dikonsumsi sebagai bahan teh herbal.

Teh herbal bunga sepatu terbuat dari daun dan kelopak tua bunga sepatu yang dikeringkan, saat diseduh dengan air maka akan menghasilkan rasa masam yang kuat dan khas. Seduhan teh herbal bunga sepatu mengandung banyak senyawa polifenol dan antosianin. Polifenol dan antosianin ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Mampu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV dan mampu menghambat penuaan dini.

6. Teh Daun Pandan

Daun pandan wangi kerap digunakan sebagai pewarna hijau alami dan penambah aroma untuk makanan dan minuman. Selain digunakan untuk tambahan makanan dan minuman, daun pandan juga digunakan sebagai teh herbal. 

Teh daun pandan terbuat dari rebusan atau seduhan daun pandan yang telah dicuci bersih, biasanya disajikan dalam kondisi hangat dan ditambahkan gula batu sebagai tambahannya. Teh herbal daun pandan bisa digunakan untuk detoksifikasi racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Hasilnya racun dalam tubuh akan berkurang dan kulit akan terlihat lebih cerah dan cantik.

7. Teh Daun Kelor

Daun kelor (Moringa oleifera) telah lama digunakan sebagai salah satu bahan obat tradisional. Belakangan ini, daun yang mirip dengan katuk ini banyak dimanfaatkan dalam produk-produk kecantikan, salah satunya sebagai teh herbal kecantikan.

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Menurut beberapa penelitian, vitamin A memiliki peran signifikan dalam meningkatkan proses regenerasi sel kulit. Selain itu vitamin A juga berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi, sehingga kulit terlihat lebih terawat dan sehat.

Selain sebagai sumber vitamin A, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang cukup banyak. Kedua vitamin ini mampu membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, mengurangi proses hiperpigmentasi, dan menutrisi kulit.

Demikianlah ulasan seputar jenis dan manfaat teh herbal kecantikan yang berhasil kami himpun. Agar hasilnya lebih maksimal Anda bisa mengimbanginya dengan memulai hidup sehat dan mengatur pola makan yang sehat. Untuk informasi lain terkait teh herbal Anda bisa mengunjungi situs kami https://produsentehherbal.com. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak memberikan manfaat, terimakasih.

Ada yang bisa kami bantu ?