Select Page

Sebagai seorang pengusaha F&B yang bertanggungjawab dan mementingkan pembelinya tentu menyuguhkan atau memperjualbelikan produk yang dapat membahayakan pembelinya adalah hal yang sangat dihindari. Maka dengan mengetahui beberapa minuman tidak sehat merupakan langkah awal untuk menghindari hal tersebut.

Terlebih air adalah salah satu kebutuhan paling mendasar bagi manusia.  Asupan air yang perlu dipenuhi tiap harinya untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. 

Maka air yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh sembarangan, apalagi bagi Anda pengusaha F&B yang menjual produk ini setiap hari tentu harus memperhatikan kesehatan produk yang akan Anda jual.

Asupan nutrisi pada minuman yang akan Anda jual perlulah diperhatikan, tidak boleh kurang ataupun berlebihan. Sehingga produk yang akan Anda jual ini memiliki nilai manfaat di mata calon pembeli.

3 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Perlu Dihindari

Nah, sebelum Anda menentukan jenis minuman apa yang akan Anda perjual belikan perlu Anda ketahui jenis minuman tidak sehat apa saja yang perlu dihindari.

Apalagi produk minuman ini bisa dikonsumsi siapapun, mulai dari anak-anak hingga lansia. Dengan demikian, jangan sampai minuman ini dapat membahayakan kesehatan mereka.

Lalu apa saja jenis minuman tidak sehat yang perlu dihindari? langsung saja simak ulasan di bawah ini hingga tuntas,

1.  Minuman yang Mengandung Kafein Tinggi

Minuman yang mengandung kafein tinggi. Sumber: majalah.ottenstatic.com
Minuman yang mengandung kafein tinggi. Sumber: majalah.ottenstatic.com

Membicarakan mengenai kafein, yang perlu diperhatikan disini adalah jumlah kafein yang dikonsumsi. 

Karena apabila kafein dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, kafein dapat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kewaspadaan, menjaga fungsi otak hingga mencegah kepikunan didapatkan dari mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang tepat.

Akan tetapi jika kafein dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan menjadikan minuman ini termasuk dalam minuman tidak sehat bagi tubuh. Jumlah kafein yang tinggi akan mendatangkan banyak bahaya, apa saja bahaya itu?

Yang pertama seseorang akan mengalami gangguan kesehatan mental apabila mengkonsumsi kafein secara berlebihan. 

Hal ini dibuktikan pada sebuah riset yang menunjukkan bahwa 25 pria dewasa sehat mengalami stress dua kali lipat ketika mengkonsumsi kafein sebanyak 300 miligram.

Selain itu, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan juga akan mendatangkan masalah pencernaan. 

Kenapa? karena kafein dapat merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan peristaltik atau gerakan kontraksi yang memindahkan makanan melalui sistem pencernaan.

Dengan demikian, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.

2. Minuman yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Minuman dengan kadar gula yang tinggi. Sumber: google.com
Minuman dengan kadar gula yang tinggi. Sumber: google.com

Siapa yang tidak menyukai minuman manis? Kebanyakan orang pasti menyukai minuman manis. Dan tentunya bagi pengusaha F&B hal ini bisa dikatakan sebuah pasar produk minuman yang menjanjikan. Tetapi nyatanya minuman manis termasuk dalam salah satu macam minuman tidak sehat yang perlu diwaspadai.

Hal ini diungkapkan pada salah satu penelitian yang dilakukan oleh tim dari rumah sakit St.Michael’s Kanada. Minuman manis perlu diwaspadai karena mengandung fruktosa didalamnya.

Dimana fruktosa yang berlebihan pada minuman manis dapat memicu penyakit diabetes tipe 2. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah fruktosa yang mampu merangsang produksi sel lemak, akan mengganggu produksi hormon leptin yang bertugas sebagai pengatur asupan dan pengeluaran energi. 

Sementara itu, menurut Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa konsumsi gula tambahan bagi seseorang tidak boleh melebihi 10 persen dari asupan kalori per hari.

Contohnya, jika seseorang mengkonsumsi 2.000 kalori per hari maka seseorang tersebut seharusnya hanya mengkonsumsi 52 gram gula tambahan supaya gula yang masuk ideal dan sesuai dengan keperluan tubuh.

3. Minuman Berenergi

Minuman berenergi. Sumber: bolong.id
Minuman berenergi. Sumber: bolong.id

Minuman selanjutnya yang perlu dihindari adalah minuman berenergi. Karena memiliki kadar gula, kafein, dan kalori yang tinggi. 

Dengan rincian kadar kafein sekitar 160 sampai 300 miligram per kemasannya dan sekitar 40 gram gula yang ada didalamnya menjadikannya alasan yang kuat apabila minuman berenergi sangat tidak sehat untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Dengan kata lain, minuman berenergi ini adalah kombinasi dari minuman tidak sehat sebelumnya. Yakni minuman dengan kadar kafein dan kadar gula yang tinggi.

Sementara itu, minuman berenergi belum terbukti aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Dengan demikian, dengan mengkonsumsi minuman berenergi dalam jumlah berlebihan akan ada banyak efek samping yang dirasakan.

Mulai dari ketergantungan, diare, meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, hipertensi hingga penyakit jantung.

Itulah ketiga minuman tidak sehat yang perlu dihindari oleh pengusaha F&B. Karena ketiga minuman tersebut mengandung zat dalam jumlah yang tinggi sehingga beresiko pada kesehatan peminumnya. 

Minuman-minuman tidak sehat diatas juga dapat menimbulkan pola hidup tidak sehat bagi peminumnya, sehingga bagi Anda pengusaha F&B dapat membantu mereka dengan menjual minuman yang menyehatkan.

Lalu minuman sehat seperti apa yang baik untuk kesehatan peminumnya? jawabannya adalah teh herbal. Kenapa? karena manfaat teh herbal sangat membantu untuk kesehatan tubuh. 

Contohnya, teh herbal yang berbahan baku daun peppermint memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan. Karena daun tersebut mampu meredakan gejala kembung, mual, muntah dan nyeri perut.

Selain itu, teh herbal yang terbuat dari bunga chamomile dan lavender memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran. Sehingga dengan mengkonsumsi minuman ini dapat membantu seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian terhadap 80 wanita yang mengalami insomnia, ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi teh chamomile selama 2 minggu berturut-turut berhasil mengurangi gejala insomnia dan depresi.

Manfaat dari teh herbal ini menjadi alasan terbaik untuk menjadikannya sebuah produk yang akan Anda jual. Namun apabila Anda ragu untuk memulai  bisnis teh herbal karena bingung tempat produksi teh herbal yang memiliki bahan baku berkualitas?

Tak perlu khawatir, karena kini terdapat banyak jasa maklon teh herbal yang dapat memudahkan Anda dalam mewujudkan bisnis teh herbal yang menjanjikan.

Ada yang bisa kami bantu ?