Select Page

Sebagai pengusaha bisnis minuman sudah sewajarnya apabila Anda mengontrol produk yang hendak diperjualbelikan. Terutama sebagai pengusaha teh Anda perlu memperhatikan kadar kafein dalam teh tersebut. 

Kenapa? Karena faktanya tak hanya kopi saja yang mengandung kafein, di dalam teh juga terdapat kadar kafein. Dimana kafein sendiri dapat mendatangkan banyak manfaat namun juga akan mendatangkan banyak efek samping apabila kadar kafein yang dikonsumsi tidak di kontrol.

Maka sudah menjadi salah satu urgensi bagi Anda untuk mengetahui batas aman kadar pada teh. Dengan demikian produk yang Anda jual tidak akan memberikan efek samping kepada calon konsumen Anda.

Kafein dalam Teh

Kafein adalah sebuah stimulan alami yang bekerja untuk merangsang otak serta sistem saraf pusat yang dapat membantu pengonsumsinya tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan.

Pada bagian otak, senyawa dari kafein ini mampu memblokir efek adenosin. Dimana efek adenosin ini merupakan efek yang mampu melemaskan otak dan membuat seseorang merasa lelah.

Hingga pada akhirnya kafein akan menimbulkan rasa gairah yang tinggi, kewaspadaan, dan kemampuan untuk fokus kepada seseorang yang mengkonsumsinya. Maka reaksi rasa semangat setelah meminum secangkir teh merupakan bukti bahwa di dalam teh terkandung kadar kafein.

Namun apabila yang ditanyakan mengenai seberapa banyak kadar kafein didalam teh, maka jawabannya akan bervariasi. Karena dari banyaknya jenis teh yang ada, setiap jenis tehnya memiliki jumlah kadar kafein yang berbeda.

Informasi terkait kafein yang terkandung dalam teh, Sumber: thechocolatejournalist.com
Informasi terkait kafein yang terkandung dalam teh, Sumber: thechocolatejournalist.com

Contohnya pada jenis teh hijau, dimana teh hijau sudah terkenal sebagai sumber kafein yang sangat populer di Asia terutama Jepang, jumlah kadar kafein yang terkandung pada teh hijau ini sekitar 30 sampai 50 mg kafein dalam setiap 240 ml teh. Namun jumlah ini dapat berbeda tergantung pada usia daun teh yang diolah.

Selain teh hijau, juga ada teh hitam yang mengandung sekitar 47 mg kafein dalam setiap 240 ml teh. Dimana jumlah kadar kafein pada teh hitam bisa mencapai dua kali lipat daripada teh hijau.

Tak hanya karena jenis tehnya, jumlah kadar kafein pada teh juga dapat dipengaruhi oleh sajian dan metode penyeduhannya. Semakin lama daun teh diseduh, maka semakin banyak juga kafein yang terseduh pada minuman tersebut.

Perbandingan Kadar Kafein dalam Teh dan Kopi

Sama dengan teh, jumlah kadar kafein pada kopi dapat bervariasi tergantung jenis, sajian, dan metode penyeduhannya. Pada setiap satu sajian masing-masing minuman tersebut, jumlah kadar kafein yang ada didalamnya sama-sama berada di bawah 400 mg.

Lalu apa perbedaan teh dan kopi dalam perihal kadar kafein ini? Perbedaan jumlah kadar kafein yang terkandung, dapat dilihat dari rata-rata jumlahnya secara umum.

Pada setiap 240 ml kopi, rata-rata mengandung kafein sejumlah 95 mg. Sedangkan pada teh yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hanya sampai sekitar 50 mg kafein pada setiap 240 ml teh. Dari sini sudah terlihat bahwa kadar kafein pada kopi lebih banyak daripada kadar kafein pada teh.

Perbandingan kafein yang ada pada teh dan kopi, Sumber: heart.org
Perbandingan kafein yang ada pada teh dan kopi, Sumber: heart.org

Manfaat Kafein dalam Teh dengan Batas Aman Penggunaan

Kinerja kafein yang sudah dijelaskan di atas, dimana kafein berpengaruh pada kinerja otak ini dapat mendatangkan efek samping kepada pengonsumsi nya. Apa saja efek sampingnya? Mulai dari insomnia, denyut jantung menjadi cepat, gangguan pencernaan, hingga diabetes. 

Namun kabar baiknya efek samping ini akan dirasakan apabila seseorang mengkonsumsi kafein dalam kadar yang berlebih. Dilansir dari ereport.ipb.ac.id, berdasarkan Food and Drug Administration (FDA), dosis kafein yang diizinkan adalah 100-200 mg/hari (Maramis et al. 2013). 

Kemudian bagi Anda seorang pengusaha produk teh yang mengandung kafein, terdapat aturan khusus mengenai banyaknya kadar kafein dalam minuman. Peraturan ini terdapat dalam SNI 01-7152-2006, tentang Bahan Tambahan Pangan – Persyaratan Perisa dan Penggunaannya dalam Produk Pangan yaitu sebanyak 150 mg/hari atau 50 mg/sajian.

Dengan memperhatikan aturan tersebut produk Anda tidak akan mendatangkan efek samping pada calon konsumen, bahkan produk Anda dapat mendatangkan banyak manfaat kepada calon konsumen. Dimana manfaat kafein dalam teh tersebut antara lain:

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Kemampuan Kognitif

Manfaat ini telah dibuktikan pada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi kafein pada pagi hari memiliki nilai yang lebih baik pada tes atau ujian dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi minuman berkafein.

Tak hanya itu, kafein pada teh juga bisa menurunkan risiko seseorang yang mengalami gangguan fungsi kognitif akibat usia lanjut, seperti penyakit Alzheimer dan Demensia.

2. Meningkatkan Kinerja Ketika Berolahraga

Mengkonsumsi teh satu jam sebelum berolahraga akan memberikan dampak signifikan setelah melakukan olahraga. Kenapa? Karena kadar kafein di dalamnya membantu dalam pembakaran lemak yang ada pada tubuh.

Selain itu, kafeinnya pula dapat meningkatkan kontraksi otot dan meningkatkan toleransi terhadap kelelahan ketika berolahraga. 

3. Mengatasi Depresi

Tak hanya dirasakan oleh kesehatan pikiran dan tubuh, manfaat dari kafein dalam teh juga bisa dirasakan oleh kesehatan mental seseorang. 

Hal ini dibuktikan pada kinerja kafein, dimana kafein mampu melepas sinyal dopamin dan serotonin dalam otak sehingga membuat seseorang yang mengkonsumsi kafein merasa senang serta bahagia.

Mengkonsumsi kafein dalam batas aman dapat memberikan banyak manfaat, Sumber: brainmd.com
Mengkonsumsi kafein dalam batas aman dapat memberikan banyak manfaat, Sumber: brainmd.com

Nah itu dia segala sajian informasi mengenai kafein dalam teh beserta batas aman kadar didalamnya, agar produk yang dihasilkan mampu mendatangkan banyak manfaat terhadap calon konsumen.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa maklon teh herbal untuk membantu Anda mengatur kadar kafein pada produk Anda, Anda bisa menggunakan jasa yang kami tawarkan. 

Perusahaan kami, yakni CV. Intilaras Sejahtera, merupakan produsen teh herbal yang telah mengantongi standard ijin dari dinas kesehatan pemerintah setempat. Dengan demikian Anda tidak perlu mengkhawatirkan jasa maklon teh herbal dari perusahaan kami.

Ada yang bisa kami bantu ?