Select Page

Kemasan standing pouch menjadi buah bibir banyak pebisnis. Selain karena desainnya yang elegan dan minimalis, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kemasan ini sangat cocok untuk berbagai produk makanan dan minuman, seperti teh misalnya. Bagi Anda para pebisnis teh, simak berbagai keunggulan kemasan standing pouch hanya di artikel ini.

Apa Itu Kemasan Standing Pouch?

Kemasan standing pouch adalah salah satu jenis kemasan yang dipakai dalam mengemas produk baik makanan ringan, minuman serbuk, dan berbagai minuman herbal kemasan lainnya. Kemasan ini cukup praktis dan ekonomis, serta mudah dibawa kemana-mana. Kemasan ini berjenis stand up yang mana dapat berdiri tegak. Sehingga kemasan ini mudah diletakkan dimana saja.

Bentuk kemasan standing pouch sangat khas, mengerucut seperti piramida. Inilah yang menyebabkan standing pouch dapat berdiri dengan tegap. Karenanya kemasan satu ini sangat cocok diletakkan di depan etalase sebagai display toko. 

Adapun bahan kemasan standing pouch sendiri bervariasi. Ada yang terbuat dari material aluminium foil, kertas kraft, plastik fleksibel nylon, dan sebagainya. Setiap material yang ada tentunya memiliki harganya masing-masing. Biasanya semakin mahal harga sebuah kemasan, maka semakin kedap udara pula kemasan tersebut.

Kemasan standing pouch, simpel kekinian. Sumber: id.pinterest.com
Kemasan standing pouch, simpel kekinian. Sumber: id.pinterest.com

Keunggulan Kemasan Standing Pouch

Ada banyak keunggulan kemasan standing pouch yang perlu Anda ketahui. 

Satu, Simpel Mudah Dibawa

Keunggulan yang pertama yaitu kemasan satu ini simpel dan praktis saat digunakan. Mengapa bisa? Bentuknya yang cenderung slim dengan tambahan aksesoris berupa zipper membuat orang-orang dengan mudahnya mengambil produk dalam kemasan tanpa harus repot-repot memotong kemasan. Jika sudah selesai mengambil produk, Anda tinggal menutup zipper dan produk akan terjaga dengan sendirinya.

Kemasan ini juga disebut praktis tersebab bentuknya yang slim di atas dan membesar di bawah, menjadikan kemasan ini dapat berdiri. Kemasan dapat berdiri ini yang nantinya banyak membantu penempatan produk saat display di sebuah toko.

Dua, Banyak Jenis Serta Macamnya

Ada banyak jenis dan macam dari standing pouch, baik dari segi bahan dasar maupun ukurannya. Dalam memilih kemasan ini, pilihlah yang paling sesuai dengan produk yang hendak Anda jual. Misalnya Anda pebisnis teh herbal, maka cobalah pilih kemasan yang transparan disatu sisi, dengan bahan nylon berukuran sedang.

Perlu Anda ingat, jangan sampai memilih kemasan yang tidak sesuai dengan produk yang Anda jual, karena ini akan berakibat fatal. Secara umum ada dua jenis standing pouch yaitu yang transparan dan tidak transparan. Untuk bahan baku biasanya kemasan standing pouch memakai kertas kraft, plastik fleksibel nylon, dan juga aluminium foil.

Standing pouch punya banyak jenis. Sumber: putramapack.com
Standing pouch punya banyak jenis. Sumber: putramapack.com

Tiga, Jaga Kualitas Produk

Keunggulan menggunakan kemasan standing pouch berikutnya yaitu menjaga kualitas produk. Dengan menggunakan kemasan ini sebagai bungkus produk, maka secara tidak langsung Anda telah menjaga produk secara berkualitas. Karena semua bahan baku ialah bahan yang kedap udara dan dapat menjaga produk dari kerusakan akibat paparan panas atau sinar matahari langsung.

Empat, Desain Modern Lebih Futuristik

Tentunya Anda sudah pernah melihat desain standing pouch. Apa yang pertama kali Anda pikirkan saat melihat desain tersebut? Yap, kebanyakan akan mengatakan desainnya modern, kekinian, dan tidak ketinggalan zaman. Karena itu tidak sedikit produk saat ini yang menggunakan kemasan satu ini. Anda juga bisa mencobanya pada produk teh Anda.

Lima, Harga yang Terjangkau

Salah satu keunggulan yang membuat kemasan standing pouch sampai saat ini masih bisa eksis adalah harganya yang ramah di kantong. Bayangkan, dengan segenap kelebihan dan keunggulan yang dimiliki kemasan ini hanya dijual dengan harga yang tidak seberapa. Ini adalah kabar baik bagi Anda para pebisnis muda.

Dengan menggunakan kemasan ini Anda masih bisa menjual suatu produk dengan harga yang bersaing.

Kekurangan Kemasan Standing Pouch

Tak hanya keunggulan, kemasan standing pouch juga punya beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui keunggulan juga kekurangan kemasan ini harapannya Anda bisa lebih bijak dalam memilih kemasan yang hendak digunakan.

1. Tak Mudah Terurai Tanah

Satu hal yang cukup fatal dalam kemasan standing pouch yakni tidak mudah terurai di dalam tanah. Ini adalah kekurangan yang cukup besar mengingat ada berbagai dampak 

Standing pouch dari plastik tak mudah terurai. Sumber: id.pinterest.com
Standing pouch dari plastik tak mudah terurai. Sumber: id.pinterest.com

yang ditimbulkan dengan adanya penimbunan sampah di lingkungan. Ditambah cuaca yang berubah setiap waktu yang semakin menyulitkan diri.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan kemasan plastik ramah lingkungan yang dapat terurai dengan mudah di dalam tanah. Atau jika ingin lebih mudah Anda bisa menggunakan sampah plastik, lalu membakarnya ketika sudah selesai.

2. Penyebab Lingkungan Tercemar

Lingkungan hidup sekitar akan menjadi tercemar manakala kemasan standing berbahan plastik selalu dibuang di sembarang tempat. Saat ini sudah banyak ditemukan berbagai  sampah di pesisir pantai. Untuk mencegahnya sama, Anda bisa beralih ke kemasan plastik ramah lingkungan atau membakar plastiknya sesaat setelah digunakan.

3. Serap Bau dan Rasa

Untuk memilih kemasan pun pilihlah plastik yang mempunyai bahan bagus agar nantinya bau dan rasa dari suatu produk tidak terserap oleh kemasan plastik. Kemasan yang berbau dan berasa sesuai dengan produk yang ada di dalamnya, maka bisa dibilang kemasan tersebut tidak recomended.

Akhir kata, itulah beberapa keunggulan dan kekurangan kemasan standing pouch yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini Anda dapat lebih bijak dalam memilih kemasan produk karena setiap produk memiliki kemasannya masing-masing, seperti maklon teh herbal misalnya. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

Ada yang bisa kami bantu ?