Select Page

Khasiat dari minum teh yang mungkin sering dibahas adalah bahwa teh dapat menurunkan kadar kolesterol. Sehingga meminum teh dapat mencegah kolesterol. Namun ada sedikit informasi tambahan yang perlu diketahui lebih jelas seputar kolesterol ini, salah satunya adalah kolesterol sebenarnya diperlukan bagi tubuh kita.

Jika memang kolesterol diperlukan oleh tubuh, mengapa sebagian orang menghindari kolesterol ini? Bahkan sampai hanya mengkonsumsi makanan mencegah kolesterol sehari-harinya dan menghindari berbagai macam jenis makanan lainnya karena takut kolesterol. Apakah sama antara penyakit kolesterol dengan kolesterol itu sendiri?

Mengenal Kolesterol

Sebenarnya kolesterol bukanlah suatu penyakit yang dapat mengakibatkan kerusakan bagi tubuh. Namun tingginya zat yang satu ini di dalam tubuh kita perlu diperhatikan dengan mencegah kolesterol sejak dini. Karena jika sudah menjadi penyakit yang diakibatkan tingginya kolesterol, tubuh kita akan bermasalah.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Tingginya kadar zat ini dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak baik. Jika terjadi hiperkolesterolemia, maka tubuh akan mengidap berbagai macam penyakit. Namun tidak semua kolesterol perlu dihindari.

Kolesterol sebenarnya membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang bisa berkontribusi untuk pertumbuhan dan memperkuat sistem imun. Selain itu zat kolesterol juga dapat membantu memproduksi hormon, asam empedu serta mencerna lemak. Karena itu, zat yang satu ini dibutuhkan oleh tubuh.

Penyempitan Pembuluh Darah Akibat Kolesterol, sumber Informasi Desa
Penyempitan Pembuluh Darah Akibat Kolesterol, sumber Informasi Desa

Hanya saja, terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. LDL adalah akronim dari low density lipoprotein sedangkan HDL adalah high density lipoprotein. Tugas LDL adalah mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Sementara itu, HDL bertugas untuk mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati, sebagai kebalikan dari LDL.

Namun jika jumlah kolesterol LDL tersebut melebihi kebutuhan, maka dapat mengendap pada dinding-dinding arteri yang menyebabkan penyakit. Dengan keberadaan HDL, kolesterol yang juga LDL diangkut ke dalam organ hati untuk dihancurkan sehingga nantinya akan terbuang melalui sistem pencernaan.

Sehingga LDL inilah yang dapat memicu berbagai penyakit dan LDL ini disebut dengan kolesterol jahat. Jadi, yang sebenarnya perlu dipahami adalah cara mencegah kolesterol jahat agar tidak memicu berbagai penyakit di dalam tubuh kita. Caranya adalah dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap rendah.

Paling tidak terdapat tanda-tanda yang tampak pada seseorang untuk disarankan memeriksakan kadar kolesterolnya segera. Karena setelah diperiksa, apabila benar bahwa pada tubuhnya terdapat kadar kolesterol yang tinggi dapat segera dilakukan upaya agar kembali normal. Tanda-tanda ini diantaranya seperti kelebihan berat badan dan tekanan darah yang tinggi.

Apabila sudah mengidap penyakit tertentu seperti penyakit yang berhubungan dengan darah seperti jantung atau yang semacamnya, termasuk diabetes maka pemeriksaan kadar kolesterol ini disarankan agar lebih rutin lagi. Karena kadar kolesterol bisa memperparah keberadaan penyakit tersebut pada tubuh kita.

Makanan Sehat Rendah Kolesterol, sumber Detik Health
Makanan Sehat Rendah Kolesterol, sumber Detik Health

Penyebab kolesterol tinggi ini bukan hanya sekedar pola makan yang kurang sehat serta jarang olahraga, namun juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Bahkan dapat pula penyakit yang dipicu oleh tingginya kolesterol ini muncul dikarenakan stress. Karena itu, pola hidup sehat adalah jawaban dari cara yang paling awal untuk mencegah penyakit kolesterol.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Sudah dipahami tentang apa itu kolesterol yang sebenarnya, bahwa ternyata bukanlah penyakit itu sendiri. Namun merupakan zat yang apabila kadarnya terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sekarang, marilah kita ketahui bagaimana cara mencegah kolesterol agar kadarnya di dalam tubuh dapat tetap seimbang.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Kolesterol bisa bersumber dari berbagai hal yang kita makan. Baik itu merupakan HDL maupun LDL. Batasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jika sudah tampak berlebihal dan hindari konsumsi minuman beralkohol. Perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan ikan.

Menurunkan Berat Badan Berlebih

Kolesterol tinggi dapat terindikasi dari berat badan yang berlebih. Meskipun perlu tetap diperiksa kadar kolesterolnya secara langsung, namun memang kebanyakan orang yang obesitas memiliki kadar kolesterol yang tinggi salah satunya. Meskipun begitu, terdapat pula orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi meskipun tidak gemuk.

Dengan menurunkan berat badan, makan-makanan yang sehat serta berkegiatan yang bagus bagi fisik, bukan hanya kadar kolesterol total dapat menurun namun juga menyehatkan badan kita. Sehingga bagi Anda yang berat badannya berlebih, tidak ada salahnya untuk melakukan diet.

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan makanan yang dimakan akan terpakai sebagai sumber energy, tidak mengakibatkan tumpukan sisa makanan menjadi lemak pada tubuh. Aktivitas fisik juga dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit tiap hari. Misalnya jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

Memeriksa Kadar Kolesterol, sumber Insan Medika
Memeriksa Kadar Kolesterol, sumber Insan Medika

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan mempecepat penumpukan plak dalam arteri. Penumpukan plak dalam arteri serta jantung coroner ini diperparah lagi juga kadar kolesterolnya tinggi. Karena itu, hindari kebiasaan merokok.

Hindari Stress

Meskipun hanya bagian mental bukan fisik, namun terbukti jika mental yang sering stress dapat mengganggu kesehatan fisik juga. Apabila kadar kolesterolnya tinggi, maka stress dapat memicu berbagai macam penyakit. Upayakan untuk mengistirahatkan mental dengan melakukan refreshing atau beribadah. Hal ini dapat mengurangi stress dan berdampak pada fisik yang sehat pula.

Itu dia berbagai hal informasi kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol. Apakah Anda merasakan manfaat dari informasi ini? Simak berbagai artikel lainnya seputar teh dan informasi kesehatan di website Inti Laras. Terima kasih atas kunjungannya.

Ada yang bisa kami bantu ?