Select Page

Menentukan target market yang tepat merupakan langkah penting untuk dilakukan seorang pebisnis dalam memulai atau menjalankan sebuah bisnis. Terutama bagi Anda seorang pebisnis teh, dengan mengetahui target market Anda bisa menciptakan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.

Selain itu, dengan mengetahui target market, Anda juga bisa merancang strategi pemasaran yang sesuai. Dengan demikian dalam pembuatan konten pemasaran, menentukan platform yang sesuai untuk menunjang strategi pemasaran digital akan lebih mudah Anda lakukan.

Bahkan tak jarang orang menyebutkan bahwa menentukan target market adalah kunci yang perlu dilakukan agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan pesat. 

Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda menginginkan hal tersebut bukan? Oleh karena itu, mari simak ulasan mengenai menentukan target market yang tepat berikut ini hingga akhir!

Apa Itu Target Market?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara menentukan target market yang tepat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertiannya.

Target market adalah sekelompok  orang yang diidentifikasi sebagai konsumen potensial dan paling mungkin untuk suatu produk yang akan dipasarkan. Singkatnya target market adalah kelompok konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk yang dijual. 

Alhasil, dengan menentukan target market maka seorang pebisnis akan mengetahui kepada siapa ia akan menjual produk yang ditawarkan dan strategi seperti apa yang tepat untuk menjangkau mereka.

Manfaat dari mengetahui target market tak hanya berhenti disitu saja. Masih ada beberapa poin yang bisa didapat dengan mengetahui target market, diantaranya:

  • Menciptakan produk yang sesuai dan memiliki daya tarik di bidang pemasaran.
  • Meningkatkan kualitas layanan konsumen.
  • Mengevaluasi kelayakan produk menjadi lebih baik.
  • Membantu dalam memperbaiki strategi bisnis dan pemasaran.
  • Mampu bersaing dengan kompetitor lain pada bidang yang sama.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa tanpa menentukan target market yang jelas, kemungkinan-kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Seperti menawarkan produk kepada orang yang tidak sesuai, membuat strategi pemasaran yang tidak efektif, kemasan tidak sesuai, dan masih banyak lagi.

Inilah alasan mengapa kita perlu menentukan target market agar proses bisnis dapat berjalan secara efektif hingga akhirnya dapat berkembang pesat.

Cara Menentukan Target Market yang Tepat

Setelah mengetahui apa itu target market dan pentingnya langkah ini untuk dilakukan, mari kita bahas mengenai cara menentukan target market.

Dalam menentukan target market yang bisa mensukseskan pemasaran produk, haruslah dilakukan dengan benar dan tepat. Apabila Anda salah dalam menentukan target konsumen, hal ini akan memberikan dampak pada penjualan produk Anda.

Lalu bagaimana cara menentukan yang benar? Berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target market untuk bisnis teh Anda:

1. Tentukan Siapa Konsumen Anda

Sebelum akhirnya Anda menentukan target market Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui konsumen seperti apa yang akan menjadi tujuan produk Anda. 

Dengan membawa ide produk, identitas produk, keunggulan produk tentukan siapa saja calon konsumen yang sekiranya sesuai dengan produk tersebut.

Dalam penentuan calon konsumen, Anda dapat menentukannya berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut:

  • Geografi. Segmentasi geografi adalah penentuan konsumen berdasarkan lokasi pemasaran produk. 
  • Demografi. Segmentasi selanjutnya adalah penentuan konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan.
  • Psikologi. Terakhir, segmentasi psikologi adalah penentuan konsumen berdasarkan minat, gaya hidup dan tingkat pendidikan.

Dengan memperhatikan tiga segmentasi tersebut seorang pebisnis dapat mengetahui karakteristik masyarakat terdekat secara rinci. Sehingga Anda dapat menganalisa apakah produk yang Anda bawa sesuai untuk dipasarkan pada mereka atau tidak.

Menentukan seperti apa konsumen yang dituju, Sumber: blogs.ubc.ca
Menentukan seperti apa konsumen yang dituju, Sumber: blogs.ubc.ca

2. Ketahui Kebutuhan Target Market

Setelah mengenali calon konsumen Anda, sebagai pemilik bisnis Anda juga perlu mengetahui kebutuhan konsumen yang paling urgensi saat ini. 

Dalam proses ini, Anda dapat melakukannya dengan tes produk. Dengan demikian Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang ditawarkan.

Untuk melakukan tes produk, cobalah untuk mengikuti bazar-bazar. Dengan cara ini juga bisa menjadi salah satu media Anda dalam memperkenalkan produk yang Anda pasarkan.

Manfaatkan dengan baik momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kebutuhan target Anda.

Mengetahui dulu apa yang dibutuhkan konsumen untuk menentukan target market, Sumber: innovationcloud.com
Mengetahui dulu apa yang dibutuhkan konsumen untuk menentukan target market, Sumber: innovationcloud.com

3. Lakukan Evaluasi Produk

Dengan membawa informasi aspek-aspek yang sedang dibutuhkan oleh calon konsumen, Anda perlu melakukan evaluasi kembali produk yang Anda tawarkan.

Apabila dari proses evaluasi ini tidak memberikan hasil yang baik, maka Anda perlu mencari solusi untuk produk Anda. Misalnya dengan mengganti bahan baku teh atau mengganti kemasan yang digunakan.

Melakukan evaluasi terhadap produk yang ditawarkan, Sumber: harriswhitesellconsulting.com
Melakukan evaluasi terhadap produk yang ditawarkan, Sumber: harriswhitesellconsulting.com

4. Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah proses evaluasi, tentukan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran produk Anda. Karena setiap calon konsumen pasti mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya. Untuk memudahkan Anda menentukan strategi yang tepat, Anda bisa meninjau kembali segmentasi yang sudah dibahas di atas.

Contohnya, Anda menargetkan kaum wanita remaja berusia 16 hingga 20 tahun. Maka strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan adalah strategi pemasaran digital yang memanfaatkan social media sebagai wadahnya. Karena pada rentang usia tersebut, mereka sangat dekat dengan social media.

Menentukan strategi pemasaran, Sumber: pestleanalysis.com
Menentukan strategi pemasaran, Sumber: pestleanalysis.com

5. Evaluasi Respon Konsumen

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan dalam menentukan target pasar adalah mengevaluasi respon konsumen. Apakah strategi yang Anda terapkan berjalan efektif ataukah tidak.

Langkah ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terdapat pada bisnis Anda, sehingga dengan melakukan evaluasi ini Anda mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan.

Mengevaluasi segala bentuk respon konsumen, Sumber: researchforevidence.fhi360.org
Mengevaluasi segala bentuk respon konsumen, Sumber: researchforevidence.fhi360.org

Dengan demikian, kini Anda telah mengetahui seperti apa target market itu dan bagaimana cara yang tepat untuk menentukannya. Apabila dalam proses ini Anda menemukan kesulitan dalam memenuhi kualitas produk yang dibutuhkan oleh target market Anda, maka CV. Intilaras Sejahtera bisa menjadi solusinya.

CV. Intilaras Sejahtera yang merupakan produsen teh herbal berstandar izin dinas kesehatan pemerintah setempat, siap menemani Anda dalam mewujudkan produk yang diinginkan oleh konsumen.

Kami menyediakan jasa maklon teh herbal yang tentunya menggunakan bahan baku berkualitas. Sehingga produk yang dihasilkan tidak akan mengurangi khasiat yang terkandung dalam teh herbal tersebut. Jika Anda tertarik, segera hubungi kontak yang tertera di bawah ini ya. Terimakasih sudah menyimak hingga akhir.

Ada yang bisa kami bantu ?