Select Page

Membangun sebuah bisnis dalam lingkup jual beli sebuah produk sudah seharusnya dapat menjawab pertanyaan “kenapa kualitas produk perlu diperhatikan?”. Dengan menjawab pertanyaan tersebut, maka akan membuktikan bahwa Anda menyadari perihal pentingnya kualitas produk yang akan Anda jual.

Namun jika Anda membuka artikel ini untuk menjawab pertanyaan yang mungkin baru saja Anda tanyakan, sepertinya Anda membutuhkan bantuan referensi dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Oleh karena itu, kami menulis artikel yang mengulas mengenai pentingnya menjaga kualitas produk agar dapat membantu para pengusaha terutama pengusaha teh dalam memahami asistensi dari pertanyaan tersebut terhadap kemajuan sebuah bisnis.

Mengapa Menjaga Kualitas Produk Itu Penting?

Menjadi garis terdepan saat bersinggungan dengan calon konsumen, membuat sebuah produk yang akan diperjualbelikan wajib untuk memiliki standar kualitas yang jelas. Hal ini dikarenakan dengan mengorientasikan sebuah kualitas produk, sebuah kepuasanlah yang akan didapatkan calon konsumen.

Bahkan bukan hanya calon konsumen saja yang akan puas terhadap kualitas produk tersebut, namun Anda sendiri sebagai pelaku bisnis minuman teh pun juga ikut merasakannya. Karena idealnya, semakin baik kualitas produk serta semakin dekatnya produk tersebut dengan ekspektasi calon konsumen, maka konsumen akan semakin puas. 

Disinilah poinnya mengapa memahami konsep kualitas produk menjadi penting. Sebuah produk yang dijual harus bisa benar-benar menjadi solusi bagi konsumen. Namun apakah hanya sekedar memenuhi ekspektasi konsumen saja? Jawabannya tidak.

Pentingnya menjaga kualitas produk bagi pengusaha teh, Sumber: koinworks.com
Pentingnya menjaga kualitas produk bagi pengusaha teh, Sumber: koinworks.com

Dengan memberikan produk yang berkualitas, tentu akan memberikan sebuah pengalaman yang baik kepada konsumen saat mereka mengkonsumsinya. Dari pengalaman-pengalaman baik itulah yang akan membangun reputasi baik bisnis Anda di benak para konsumen. 

Seperti yang sudah kita ketahui juga, bahwa sebuah reputasi bisnis merupakan investasi jangka panjang untuk bisa terus eksis dalam industri bisnis minuman. Dengan kata lain, reputasi yang baik akan memudahkan Anda bersaing dengan para pesaing dalam industri ini, atau bisa juga disebut sebagai competitive advantage.

Indikator Kualitas Produk bagi Pengusaha Teh

Setelah memahami pentingnya kualitas produk, maka kini yang Anda perlu lakukan adalah langkah nyata. Apa itu? langkah pertama adalah dengan mengukur dan mengulas apakah kualitas produk yang Anda jual sudah baik ataukah masih buruk.

Namun apakah suatu kualitas produk bisa diukur? Jawabannya bisa, sebuah kualitas produk dapat diukur dan ditentukan secara objektif. Caranya dengan memperhatikan 4 indikator kualitas produk. Berikut penjelasan lebih mengenai 4 indikator kualitas produk:

1. Keandalan Produk (Reliabilitas)

Indikator pertama untuk mengukur sebuah kualitas produk adalah dengan memperhatikan keandalan produk atau reliabilitas. Dimana ukuran ini, Anda harus melihat seberapa tepat produk yang Anda jual dalam menjalankan fungsionalitasnya. 

Sebagai penjual produk teh, produk Anda dapat dikatakan memiliki keandalan yang baik apabila dapat mendatangkan khasiat dan cita rasa yang maksimal kepada konsumen.

Karena perlu kita ingat lagi, bahwa tujuan konsumen membeli suatu produk adalah untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Maka, tingkat keandalan produk sebagai kualitas produk merupakan hal yang perlu dipertimbangkan sebaik mungkin.

Akan sangat menjadi ancaman bagi Anda dalam dunia bisnis minuman apabila produk-produk yang Anda jual tidak dapat dijadikan solusi bagi mereka. Sebaliknya, dengan tingkat keandalan produk yang baik, produk Anda akan lebih mudah dipasarkan dan tentunya angka penjualan pun dapat ditingkatkan secara maksimal.

2. Daya Tahan Produk (Durabilitas)

Maksud dari daya tahan produk disini adalah ketahanan produk yang dimiliki oleh produk tersebut ketika digunakan. Namun sebagai pengusaha teh dimana produk tersebut digunakan dengan metode sekali pakai, indikator daya tahan disini bukanlah sesuatu yang harus dipertimbangkan secara mendalam.

Terlebih teh yang memiliki image herbal namun mengandung beberapa kandungan pengawet di dalamnya tentu saja image herbal pada minuman tersebut akan terkikis.

Kualitas sebuah produk harus terus ditingkatkan, Sumber: koinworks.com
Kualitas sebuah produk harus terus ditingkatkan, Sumber: koinworks.com

3. Kemudahan dalam Pengoperasian Produk

Selanjutnya, kualitas produk dapat dilihat dari seberapa mudah produk tersebut saat digunakan ataupun dikonsumsi. Maka selain memperhatikan keandalan produk dan daya tahan produk, Anda perlu memperhatikan apakah produk yang akan dijual mudah dikonsumsi oleh konsumen atau tidak.

Namun sebagai pengusaha teh terkadang Anda perlu memperhatikan estetika penyajian agar mampu menggugah selera konsumen. Tetapi tingkat urgensi sisi estetika tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan kemudahan saat mengkonsumsinya.

Karena terkadang terdapat konsumen yang tidak begitu peduli estetika produk selama tidak memberikan kerepotan atau masalah lain saat mengkonsumsinya.

Misalkan Anda menjual teh dalam bentuk sachet atau bahan setengah jadi, dimana perlu proses terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Maka akan lebih baik jika bahan tersebut tidak terlalu menyusahkan konsumen saat hendak mengolahnya menjadi teh siap minum.

Terlebih jika membutuhkan alat tertentu untuk bisa dikonsumsi, hal ini tentu saja akan sedikit menyusahkan konsumen saat hendak mengonsumsinya. Sehingga membuat konsumen merasa tidak nyaman untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk yang Anda jual.

4. Atribut Produk Lainnya

Selain ketiga indikator diatas, masih ada satu hal yang dapat mempengaruhi pentingnya tingkat kualitas dari produk yang akan Anda jual. Hal itu adalah atribut produk lainnya.

Apa maksudnya? Maksud dari atribut produk lainnya disini adalah sesuatu hal yang ditambahkan ke dalam produk yang tidak dimiliki oleh pesaing lain. Sehingga akan menjadi nilai tambah dan jaminan reputasi produk yang positif di mata para calon konsumen.

Dimana atribut lainnya disini mencakup nilai eksklusivitas yang dimiliki suatu produk. Maka sebagai pengusaha teh, Anda bisa memperhatikan pada bahan baku yang akan Anda pakai pada produk Anda. Gunakanlah bahan baku teh yang berkualitas supaya menghasilkan sebuah produk dengan nilai eksklusivitas yang tinggi.

Produk yang berkualitas akan memberikan kepuasan bagi konsumen maupun pelaku bisnis, Sumber: runsystem.id
Produk yang berkualitas akan memberikan kepuasan bagi konsumen maupun pelaku bisnis, Sumber: runsystem.id

Memahami pentingnya kualitas produk untuk diperhatikan dan dijaga adalah kunci utama yang dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk memastikan bisnisnya mengalami tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang baik. 

Sebuah bisnis yang menawarkan produk tanpa kualitas yang jelas, sudah dipastikan akan sulit untuk berkembang. Karena produk tersebut tidak cukup mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Kami harap dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam menjawab permasalahan bisnis Anda dalam poin mengenai pentingnya kualitas produk.

Namun apabila Anda perlu bantuan dalam jasa maklon teh, kami dari CV. Intilaras Sejahtera siap membantu. CV. Intilaras Sejahtera menyediakan maklon teh herbal yang mampu membantu Anda dalam memenuhi indikator-indikator kualitas produk yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Termasuk pada poin nilai eksklusivitas,produk  teh herbal yang diproduksi oleh perusahaan kami selalu menggunakan bahan baku pilihan yang berkualitas. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai kualitas produk yang kami keluarkan. Jika Anda berkenan bekerjasama dengan kami, segera hubungi kami sekarang juga.

Ada yang bisa kami bantu ?