Select Page

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang menjadi favorit semua kalangan dan semua usia. Karena alasan itulah, banyak produsen teh yang kemudian mengembangkan jenis teh dari berbagai bahan atau rempah. Salah satu jenis teh yang saat ini banyak dikembangkan adalah teh dari bahan utama buah atau sering disebut dengan teh buah atau fruit tea.

Mungkin sebagian besar dari kita hanya tahu bahwa teh dibuat dari daun teh saja. Padahal lebih dari itu, saat ini banyak variasi teh yang dibuat dari berbagai bahan alami lainnya dari tumbuhan. Salah satunya yaitu teh yang terbuat dari buah yang sering kita konsumsi.

Sebagai pengusaha teh tentunya, Anda bisa menjadikan teh ini menjadi salah satu produk tambahan. Teh dengan variasi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda, mengingat saat ini banyak penikmat teh yang mulai mengeksplorasi berbagai produk teh dari bahan yang berbeda.

Fruit tea yang sangat menyegarkan, Sumber: tasteofhome.com
Fruit tea yang sangat menyegarkan, Sumber: tasteofhome.com

Apa Itu Fruit Tea?

Teh buah atau fruit tea merupakan salah satu variasi teh yang terbuat dari ekstrak buah dan buah-buahan yang dikeringkan dengan campuran rempah. Minuman ini hampir sama dengan jenis teh herbal, hanya saja variasi teh ini dibuat dari buah-buahan. Teh buah kering ini bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

Karena terbuat dari buah-buahan yang dikeringkan, sehingga semua kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan ikut masuk ke dalam teh yang diseduh. Jadi perihal nutrisi, teh ini kaya akan kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. Selain itu, teh buah juga bisa menjadi salah satu alternatif teh detox yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Hadirnya teh ini mampu menjadi variasi baru dalam dunia “pertehan”. Peluang ini bisa dimanfaatkan karena masih jarangnya produsen teh yang memproduksi teh dari bahan yang satu ini. Teh yang memiliki banyak manfaat kemudian dibuat dengan bahan utama fruit yang kaya akan kandungan vitamin, tentu akan diminati oleh penikmat teh.

Terdapat berbagai jenis buah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat teh. Sebut saja seperti beberapa buah berries, leci, peach, hingga delima. Beberapa bahan tersebut bisa diolah menjadi variasi teh yang menyegarkan dan tentu saja menyehatkan bagi siapapun yang mengkonsumsinya.

Fruit tea sebagai peluang bisnis, Sumber: popmama.com
Fruit tea sebagai peluang bisnis, Sumber: popmama.com

Cara Membuat Teh Buah Secara Manual

Tidak hanya enak, variasi teh dengan rasa buah juga mampu memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Untuk membuat teh ini, bisa menggunakan teh hitam (black tea), teh hijau (green tea), hingga teh putih (white tea) yang kaya akan antioksidan.

Berikut ini adalah beberapa racikan teh yang dibuat secara manual menggunakan teh dan campuran buah, yakni antara lain:

1. Teh Mangga Peach

Sama halnya dengan membuat teh pada umumnya, untuk membuat teh ini diperlukan air, teh celup, peach kaleng, dan potongan mangga. Sebagai alternatif pengganti gula, bisa diganti dengan madu. Buah mangga dan buah peach memiliki kandungan vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin tersebut mampu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, serta dapat menyehatkan tubuh. Caranya membuatnya, seduh teh celup dengan air panas hingga teh tersebut mengeluarkan warna. Kemudian angkat teh celup dan biarkan teh menjadi dingin terlebih dahulu. Campurkan potongan peach, mangga, dan madu ke dalam teh tersebut.

2. Teh Strawberry Lemon

Untuk membuat teh dari strawberry lemon ini diperlukan teh celup, air lemon, dan strawberry. Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan folat, vitamin B, dan vitamin C. Sementara buah strawberry kaya akan kandungan folatnya juga serta serat untuk menyehatkan sistem pencernaan.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup seduh teh celup ke dengan air panas, lalu angkat kantong teh dan biarkan teh menjadi dingin terlebih dahulu. Selanjutnya tambahkan tambahan irisan lemon, jus jeruk, dan potongan strawberry ke dalam seduhan teh tadi. Sajikan dingin dengan tambahan es batu.

3. Teh Leci

Leci yang asam ternyata cocok untuk dijadikan sebagai tambahan untuk membuat teh. Dengan mengkonsumsi teh leci, mampu mencegah kanker, melindungi kesehatan jantung, hingga menurunkan berat badan. Untuk membuat teh leci diperlukan beberapa leci kalengan, teh celup, dan madu.

Cara membuatnya juga cukup sudah, cukup seduh teh celup dengan air panas, kemudian biarkan teh tersebut dingin terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan madu dan beberapa potongan leci lalu aduk hingga rata.

Teh leci yang menyegarkan, Sumber: portalpekalongan.pikiran-rakyat.com
Teh leci yang menyegarkan, Sumber: portalpekalongan.pikiran-rakyat.com

Teh Celup Rasa Buah yang Praktis dan Ekonomis

Cara membuat fruit tea secara manual tentu kurang efektif dan cukup repot. Karena harus menyeduh teh, belum lagi harus menambahkan irisan-irisan buah agar teh tersebut memiliki cita rasa buah. Padahal pada zaman sekarang, sebagian besar masyarakat menginginkan segala sesuatu yang praktis dan efisien, baik secara waktu maupun tenaga.

Oleh sebab itu, Anda bisa membuat variasi teh tersebut menjadi kemasan ringkas dalam sebuah teh celup. Dengan teh celup yang Anda produksi, semua konsumen mampu mencicipi teh variasi ini tanpa harus memberikan irisan buah di dalamnya. Sehingga teh tersebut mampu dinikmati setiap harinya tanpa cara yang repot.

Apabila Anda ingin memproduksi teh dari ekstrak buah dengan kemasan praktis dalam bentuk teh celup, Anda bisa menggunakan jasa maklon teh herbal dari CV. Intilaras Sejahtera. CV. Intilaras Sejahtera merupakan salah satu perusahaan berstandar izin dinas kesehatan yang melayani jasa maklon teh.

Dengan menggunakan jasa maklon teh herbal dari CV. Intilaras Sejahtera Anda akan mendapatkan berbagai variasi teh dalam bentuk teh celup agar penggunaanya lebih mudah dan ekonomis, namun tetap terjaga kualitasnya.

Ada yang bisa kami bantu ?