Select Page

Daun insulin diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Atau dengan kata lain daun insulin merupakan solusi bagi penderita diabetes. Lalu apakah Anda pernah mendengar teh daun insulin? sebuah teh herbal untuk penderita diabetes.

Diabetes adalah sebuah gangguan yang bisa dikatakan banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Ketika seseorang penderita tidak mendapatkan penanganan yang tepat, gangguan ini bisa diderita seumur hidup.

Maka tak jarang yang mencari pengobatan supaya diabetes dapat teratasi. Akan lebih baik apabila pengobatan tersebut berasal dari bahan alami. Salah satunya adalah daun insulin atau dalam bahasa latin disebut Costus Igneus.

Namun apakah benar tanaman ini bisa digunakan sebagai obat diabetes? Apakah tanaman ini begitu efektif hingga muncul teh daun insulin bagi penderita diabetes?

Fakta Daun Insulin dalam Mengatasi Diabetes

Daun insluin. Sumber: google.com
Daun insluin. Sumber: google.com

Daun ini menyandang nama insulin ternyata bukan sekedar nama saja, melainkan karena manfaat yang dikandungnya. 

Dengan definisi insulin adalah hormon yang membantu tubuh dalam mengubah glukosa menjadi energi. Maka hormon insulin juga disebut sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Daun ini dianggap dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin dengan memproduksi insulin dengan memperkuat sel beta pankreas dalam tubuh.

Namun apakah benar anggapan tersebut?

Anggapan tersebut diperkuat atau dibuktikan oleh penelitian dari Kasturba Medical College yang dilakukan di India. Penelitian tersebut membandingkan efektivitas tanaman insulin dengan kemampuan obat diabetes.

Dalam penelitiannya mereka menggunakan daun insulin yang sudah dikeringkan selama dua bulan. Setelah dikeringkan daun tersebut ditumbuk hingga menjadi bubuk. Bubuk ini kemudian dibagi ke dalam beberapa dosis yang dilarutkan dengan air. 

Lalu diuji pada tikus. Dengan tikus-tikus awalnya diberikan deksametason selama 10 hari supaya kadar gulanya naik menyerupai penderita diabetes. 

Setelah pengujian pada tikus tersebut dan dilakukannya tes gula darah puasa (GDP) dan postprandial 2 jam setelah makan (GD2PP) secara rutin, penelitian ini menghasilkan sebuah dara bahwa penurunan nilai GDP dan GD2PP pada tikus yang diberikan larutan daun insulin setara dengan tingkat penurunan kadar gula darah dengan pengobatan menggunakan glibenklamid.

Walau belum jelas seperti apa atau bagaimana mekanisme daun insulin bisa menurunkan gula darah, setidaknya penelitian ini memberikan hasil yang menjanjikan dalam pengobatan diabetes.

Cara Mengkonsumsi Daun Insulin sebagai Obat Diabetes

Dari penelitian tadi sebenarnya bisa kita ketahui bagaimana cara mengkonsumsi daun insulin yang efektif untuk didapatkan khasiatnya. Yakni dikonsumsi ketika sudah dalam bentuk bubuknya.

Teh daun insulin. Sumber: lazada.com
Teh daun insulin. Sumber: lazada.com

Inilah alasan kenapa kita menemukan banyak teh daun insulin di pasaran. Banyak varian yang tersedia, ada yang dalam bentuknya teh celup, teh daun insulin kering dan teh ekstrak daun insulin. Banyaknya varian ini tentu karena manfaat daun insulin yang menjanjikan.

Meski demikian, manfaat dari teh herbal tersebut baru terlihat setelah dikonsumsi selama 15 hari. 

Dengan kata lain, dalam mengkonsumsinya harus secara berkala dan dalam dosis yang tepat untuk melihat khasiat daun insulin terhadap penurunan kadar gula darah seseorang. 

Karena jumlah dosis juga dapat mempengaruhi, jangan sampai dengan mengonsumsi tersebut penderita bukannya menjadi solusi malah menimbulkan efek samping.

Tak hanya itu, penderita diabetes juga perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah dengan mengkonsumsi teh daun insulin cocok dengan gangguannya.

Manfaat Lain Teh Daun Insulin

Daun insulin ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengatur kadar gula seseorang. Tetapi masih ada kegunaan lainnya yang pastinya bermanfaat bagi pengonsumsinya.

Apa saja? Berikut penjelasannya,

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas penyerang imun tubuh. Sumber: rskasihibu.com
Radikal bebas penyerang imun tubuh. Sumber: rskasihibu.com

Radikal bebas berdefinisi molekul berbahaya yang dapat memicu banyak efek buruk pada tubuh. Efek tersebut adalah radikal bebas akan memicu tubuh menjadi rentan terkena penyakit kronis seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Maka perlu antioksidan dalam melawan dampak radikal bebas. Bagaikan angin sejuk daun insulin dilaporkan mengandung senyawa aktif yang bernama quercetin dan diosgenin yang memiliki efek antioksidan. 

Kedua senyawa tersebut berpotensi melawan efek radikal bebas pada hati, pankreas, dan ginjal yang mengalami diabetes.

Maka, meski secara tidak langsung mengobati diabetes setidaknya teh daun insulin dapat melindungi organ-organ penting dari kerusakan lebih lanjut akibat radikal bebas.

2. Mencegah kanker

Di dalam ekstrak teh daun insulin terdapat kandungan flavonoid yang juga bersifat antikanker. Dengan demikian, daun insulin mampu mencegah berkembangnya penyakit kanker.

3. Melawan infeksi kuman

Selain mencegah kanker, kandungan flavonoid juga memiliki efek anti radang dan anti mikroba yang mampu melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman seperti bakteri, virus atau jamur.

Tak hanya flavonoid, daun insulin juga memiliki ekstrak metanol yang bekerja melawan perkembangan bakteri tertentu.

Beberapa bakteri yang ampuh dihentikan oleh kandungan daun insulin adalah Bacillus megaterium, Micrococcus luteus, Staphylococcus aureus dan lactis, dan Pseudomonas aeruginosa negatif. 

Dimana bakteri-bakteri tersebut berpotensi menimbulkan infeksi pada manusia.

Namun, meski teh daun insulin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tetap diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya. Selain itu, daun insulin juga tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang sudah ada.

Yang perlu kita ingat, teh herbal ini kita gunakan hanya sebagai pencegahan masalah yang lebih besar atau bahkan komplikasi setelah diabetes. 

Dengan demikian, mengonsumsi teh daun insulin juga bukanlah suatu hal yang salah. Melihat banyaknya penderita diabetes di Indonesia, tidak menutup kemungkinan untuk Anda membuka usaha produksi teh insulin tersebut. 

Namun jika Anda merasa kesulitan dalam pembelian bahan, pengemasan dan labeling untuk produk Anda, tak perlu khawatir. Anda hanya perlu mempercayakan produksi tersebut pada jasa maklon teh herbal yang ada disekitar Anda.

Maklon ramuan herbal, ramuan anti kanker dari PT Intilaras herbal sejahtera
sumber : doc PT Intilaras herbal sejahtera

Manfaat lain dari daun insulin tersebut menjadi penutup dari produsentehherbal.com kali ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lainnya mengenai teh herbal, Anda bisa mengunjungi website kami. Terimakasih sudah menyimak hingga akhir!

Ada yang bisa kami bantu ?