Select Page

Kondisi stres tidak bisa jauh dari kehidupan kita. Mulai dari stres karena masalah di tempat kerja, masalah rumah tangga, masalah dengan teman atau akibat tagihan-tagihan yang harus kita bayarkan. Tulisan tips mengatasi stres ini bisa membantu Anda dalam masalah tersebut.

Pada dasarnya stres tidak selalu berorientasi buruk pada kehidupan kita. Stres terjadi sebagai efek dari setiap tindakan yang kita lakukan. Adanya stres sebagai rambu-rambu buat kita untuk memilih hendak melakukan suatu perbuatan atau meninggalkannya.

Namun sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara menghadapi dan tips mengatasi stres dengan baik sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, yang semestinya tidak harus terjadi.

Kondisi stres yang tidak terkendali dalam waktu yang panjang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya saja tekanan darah tinggi, jantung dan depresi. Stres juga bisa mengakibatkan berbagai gangguan lain seperti sakit kepala, menurunnya nafsu makan, nyeri otot, insomnia dan sulit konsentrasi.

Kondisi stres tidak bisa dari kehidupan kita. Mulai dari stres karena masalah di tempat kerja, masalah rumah tangga, masalah dengan teman atau akibat tagihan-tagihan yang harus kita bayarkan. Tulisan tips mengatasi stres ini bisa membantu Anda dalam masalah tersebut.
Stres, masalah yang lumrah terjadi pada manusia, sumber: klikdokter.com

Tips Mengatasi Stres

Tapi, Anda tidak perlu risau, meskipun stres mengikuti kita kapan dan di mana pun, Anda tetap bisa melakukan upaya untuk hidup bebas dari stres. Bagaimana caranya? Simak berbagai tips mengatasi stres berikut ini.

1. Minum Jus Jeruk

Jus jeruk tidak hanya lezat dan bergizi, tapi juga minuman ini menyegarkan dan dapat membuat Anda lebih tenang dan bisa mendapatkan kembali fokus. Setiap makanan atau minuman yang tinggi vitamin C seperti jus jeruk, secara fisiologis mampu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol.

Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bisa memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh stres oksidatif. Beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa potensi vitamin C pada orang yang stres sebagai bentuk perawatan dengan meningkatkan asupan vitamin atau suplemen.

2. Minum Teh atau Kopi

Kandungan kafein dalam kopi meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan dengan menambah kadar dopamin dan memblokir adenosin. Setelah mengonsumsi kafein pada kopi tubuh Anda akan menyerap cukup banyak kafein, yakni 99 persen dalam waktu 45 menit.

Inilah sebabnya kenapa banyak orang yang lebih memilih kopi saat mereka membutuhkan tambahan energi. Selain itu pada teh terdapat kandungan L-theanine, anti oksidan yang bisa menstimulasi otak sama seperti kafein.

Kandungan L-theanine ini mampu memberikan efek anti stres dengan cara meningkatkan gelombang alfa ke otak untuk membantu pikiran lebih tenang dan rileks. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunjungi maklon teh herbal yang tersedia di sekitar Anda.

Jika Anda ingin menghilangkan stres sekaligus ingin meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi bisa mengombinasikan konsumsi kafein dan L-theanine secara bersama. Teh dan kopi juga merupakan minuman dengan kandungan nutrisi yang sangat bagus.
Teh dan kopi, sumber: kopikeliling.com

Jika Anda ingin menghilangkan stres sekaligus ingin meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi bisa mengombinasikan konsumsi kafein dan L-theanine secara bersama. Teh dan kopi juga merupakan minuman dengan kandungan nutrisi yang sangat bagus.

Selain bagus untuk mengatasi stres, teh juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi asam lambung. Yakni teh yang tidak mengandung kafein seperti chamomile, licorice elm sampai marshmallow. Untuk Anda yang memiliki bisnis kopi atau teh Anda perlu tahu konsep tentang website penghasil uang.

3. Tarik Napas Dalam Dalam

Menarik napas dalam-dalam telah terbukti bisa menurunkan kadar kortisol yang dapat dijadikan sebagai tips mengatasi stres dan kecemasan selanjutnya. Untuk mengawalinya, cobalah Anda duduk dengan tenang, cari tempat yang sepi dan nyaman.

Selanjutnya, tutup kedua mata Anda serta Tarik napas melalui hidung, hirup dalam-dalam selama dua hitungan, tahan sejenak dalam satu hitungan lalu buang napas secara perlahan dalam empat hitungan.

Apabila hitungan 2 sampai 4 terasa terlalu cepat, Anda bisa memanjangkan hitungan bernapas dalam kelipatan di atasnya, misalnya 4 tarikan napas dan 6 kali hembusan keluar atau 6 banding 8.

Apabila napas yang panjang justru memicu kecemasan, sebaiknya jangan dilakukan. Hal yang penting adalah memanjangkan hembusan napas keluar dari tarikan napas. Untuk itu Anda bisa menggunakan bantuan timer selama lima menit.

4. Ibadah

Tips mengatasi stres berikutnya adalah dengan cara meningkatkan interaksi dengan pencipta atau dengan cara ibadah. Tidak sedikit orang-orang yang mengalami kondisi stres menggunakan agama atau spiritualitas sebagai solusi mengatasinya.

Efek dari ibadah yang mereka rasakan adalah seperti mampu menghilangkan stres, lebih cepat sembuh dari sakit dan mereka mengalami peningkatan manfaat kesehatan dan kesejahteraan personal mereka.

Sebab beribadah memberikan waktu pada diri Anda untuk terkoneksi dengan pencipta. Hal ini akan memberikan ketenangan secara batin, meredakan kecemasan dan membuat Anda jadi lebih banyak bersyukur.

Tips mengatasi stres berikutnya adalah dengan cara meningkatkan interaksi dengan pencipta atau dengan cara ibadah. Tidak sedikit orang-orang yang mengalami kondisi stres menggunakan agama atau spiritualitas sebagai solusi mengatasinya.
Ibadah untuk mengatasi stres, sumber: detik.news.com

Selama Anda menjalani setiap proses tersebut, Anda sedang membangun energi positif dalam diri Anda yang bisa menyingkirkan stres dan pikiran negatif yang berpotensi bisa merusak suasana hati Anda.

Menjadi orang yang religius, dalam artian senantiasa mengikatkan semua kepentingan dan urusannya kepada penciptanya, menurut penelitian bisa membuat umur seseorang menjadi lebih panjang.

Sebagian besar agama dunia, mengatur umatnya agar menjalankan perintah dan meninggalkan larangan. Misalnya tidak mengonsumsi alkohol dan selalu berpikiran positif. Kedua hal ini sangat erat kaitannya untuk mengatasi stres.

5. Berkebun

Selain menyenangkan, berkebun juga bisa mengisi waktu luang Anda atau waktu sibuk Anda guna mendapatkan hal baru supaya terhindar dari stres. Berkebun membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Itu artinya Anda akan mengalihkan pikiran dari stres yang sedang Anda rasakan. Selama melakukan aktivitas berkebun ini, Anda bisa mengamati bagaimana proses pertumbuhan tanaman yang Anda tanam dan rawat.

Sejak tanaman itu baru mengeluarkan tunas kecil, tumbuh membesar, berbunga dan menghasilkan buah. Semua aktivitas ini bisa menciptakan rasa kepuasan tersendiri dalam hati Anda. Keindahan warni-warni bunga membuat mata Anda segar dan pikiran juga menjadi lebih jernih.

6. Mencari Ruangan Yang Indah

Cara lain untuk mengurangi stress adalah dengan berkunjung ke bangunan dengan tatanan yang membuat pikiran kita nyaman. Banyak jasa interior yang berpengalaman membuat cafe, rumah hingga klinik dengan tujuan membuat relax pengunjungnya.

Itulah beberapa tips mengatasi stres yang bisa coba Anda aplikasikan dalam kehidupan Anda sesuai dengan kesanggupan Anda. Anda juga bisa membaca tulisan kami yang berjudul manfaat teh herbal bagi kesehatan tubuh untuk menambah wawasan Anda.

Ada yang bisa kami bantu ?